MediaFlazz.Com

Google

Clock

Friday, January 11, 2008

Adil itu Sukses Bersama

Sejauh ini banyak diantara kita yang memandang keadilan dari sudut pandang yang sempit, yakni adil sebatas berbagi kebendaan. Padahal adil itu cakupannya luas.
Adil bermakna menempatkan sesuatu pada tempatnya secara benar, pas, berimbang dan proposional. Buah dari keadilan adalah kelancaran, kesuksesan, kepuasan dan kebagahagiaan.
Lawan dari adil adalah zalim yang buahnya adalah kemacetan, kegagalan, kekecewaan dan penderitaan.
Beberapa hal yang perlu disikapi dengan adil adalah;
Adil dalam aktifitas membaca dan mempelajari sesuatu, berapa banyakkah waktu yang kita gunakan untuk membaca dan belajar hal-hal yang bersifat umum? Dan berapa banyakah waktu yang kita gunakan untuk membaca dan mempelajari hal-hal keagamaan, sepiritual..?
Sudahkah kita adil dalam hal ini, jika tidak adil, bersiaplah menelan kepahitan dalam arti yang sesungguhnya, karena mempelajari yang bersifat umum tidak sebanding dengan mempelajari keagamaan secara khusus adalah kezaliman.
Hal lain adalah pembagiana waktu bekerja mencari nafkah. Ada waktu untuk keluarga, saudara dan untuk lingkungan rumah, termasuk waktu untuk istirahat.
Semua itu harus kita perlakukan dengan adil, agar semuanya lancar, semuanya sukses, semua tidak ada yang dirugikan dan semuanya bahagia.
Keadilan memang kunci sukses secara merata dan bersama karenanya berlaku adillah dalam berbagai hal, niscaya seluruh bumi yang kita pijak dimanapun kita berada akan terasa membahagiakan.

No comments: