MediaFlazz.Com

Google

Clock

Wednesday, June 27, 2007

Sujud (2)

Nabi (s.a.w.) juga mengatakan, Setiap orang beriman yang bersujud (mensujudkan dirinya), akan ditingkatkan (maqamnya) satu derajat oleh Allah. Tentang terdiri atas apa satu derajad itu, ketahuilah bahwa itu bukanlah sesuatu yang kecil, karena setiap surga dapat terdiri atas satu derajat.
Untuk alasan inilah, banyak di antara para orang saleh melakukan banyak sujud sunnah tambahan kepada Allah, setelah menyelesaikan shalat fardhu mereka. Setiap kali mereka menemui sebuah kesulitan, apakah urusan spiritual atau keduniawian, mereka mencari perlindungan kepada Rabb mereka melalui sujud mereka kepada Nya.
Seseorang harus membabat kebanggaan pribadi dan membuat diri pribadi sujud, karena seseorang yang bersungguh-sungguh berserah diri kepada Rabb nya tidak lagi dapat berserah diri kepada dirinya sendiri. Sekali keadaan itu tercapai, shalat adalah semata-mata untuk Allah.
Itulah sebabnya Nabi s.a.w. mengatakan, Apa yang sangat saya takutkan bagi Ummatku adalah syirk tersembunyi. Yang beliau takutkan bagi ummatnya bukanlah syirk dzahir (penyembahan berhala), karena beliau diberitahu Allah bahwa ummatnya terlindung dari hal itu selamanya, namun syirk tersembunyi, yang segala sesuatu terkait untuk kepentingan pamer.

No comments: